MUsnahnya Dinosaurus

Dinosaurus, mahluk hidup di zaman mesozoic atau ekitar 250 hingga 65 juta tahun yang lalu menarik perhatian semua orang.

Semua orang tentu di buat kagum melihat kehidupan Dinosaurus yang di filemkan dalam filem Jurassic Park. Kebuasan, ketangguhan dan besarnya binatang tersebut tentu membuat kita ingin tahu apa sih penyebab Dinosaurus punah dari muka bumi?
Kalau di pikir-pikir Dinosaurus jauh lebih berjaya dari manusia, sebab kehidupan manusia primitif saja dimulai 20.000 tahun yang lalu. Sedangkan Dinosaurus berjaya hidup selama 165.000.000 tahun! Dinosaurus yang hidup diera itu terbagi atas tiga periode yaitu periode Triassic, Jurassic, dan Cretaceous.
Bagaimana bisa binatang yang makan nya bisa mencapai 230 kg tumbuhan per hari dan bobot mencapai 78 ton (brachiosaurus) hilang dan musnah di telan bumi.
Penyebab Dinosaurus musnah
65 juta tahun yang lalu, di akhir periode Cretaceous Dinosaurus punah. Berapa lama kepunahan Dinosaurus masih menjadi misteri bagi para ilmuwan.
Ada beberapa teori tentang kepunahan Dinosaurus, tetapi yang paling diyakini oleh para ilmuwan adalah teori jatuhnya meteorit besar ke Bumi di akhir zaman Cretaceous sehingga merubah iklim Bumi sehingga terjadi kepunahan masal di muka Bumi.
Setelah meteorit besar jatuh ke Bumi akibatnya terjadi ombak besar, gempa bumi, terbentuknya awan bebatuan dan debu yang menyelimuti atmosfer Bumi sehingga cahaya matahari terhalang masuk. Terhalangnya cahaya matahari mengakibatkan terjadinya penurunan temperatur yang dratis.
Karena perubahan temperatur Bumi sangat ekstrim akibatnya tumbuh-tumbuhan mati karena kekurangan sinar matahari untuk befotosintesis dan efeknya dapat ditebak, siklus rantai makanan pun terputus. Hewan pemakan tumbuhan pun mati dan di ikuti oleh hewan pemakan bangkai.
Teori musnahnya Dinosaurus ini di perkuat dengan di temukannya kawah dekat pantai utara Meksiko tepatnya di daerah Yucatan. Lubang tempat jatuhnya meteor besar ini lebar nya sekitar 100 km dengan kedalaman 12 km. Meteor sebesar itu mampu menutup satu kota, itu pun kalau diletakan pelan-pelan. Kita pun tahu kecepatan meteor sekitar 70 km/detik, dengan kecepatan segitu partikel kecil meteor saja bisa menghancurkan pesawat apa lagi yang sebesar itu. Anda bayangkan saja film Deep Impact, kira-kira seperti itu atau mungkin lebih.
Sumber: howstuff

Tidak ada komentar:

DATA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KEBUMEN 1 TAHUN PELAJARAN 2011/2012

PRESTASI AKADEMIK/NON AKADEMIK MTs NEGERI KEBUMEN 1 TH.PELAJARAN 2010 / 2011